Daun Katuk, Selain Untuk Asi Juga Baik Untuk Kesehatan hingga Sperma

Diposting pada

Daun katuk merupakan salah satu dari berbagai tanaman yang banyak dijumpai di daratan Asia. Daun katuk memiliki bentuk perdu dan pohonnya bisa mencapai tinggi 2 sampai 3 meter, dan meiliki banyak cabang yang lunak.

Daun katuk banyak dipercaya oleh masyarakat sebagai sayuran yang dapat melancarkan produksi asi bagi ibu yang sedang menyusui.Utamanya di Indonesia, daun katuk sangat hampir tidak pernah kosong  dijual dipasar. Daun ketuk selalu ada sebagai menu pilihan untuk dimasak.

Namun, bukan hanya itu. Daun katuk juga memiliki khasiat lain, hal ini didasari karena daun katuk memiliki kandungan seperti protein, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B, vitamin C serta karbohidrat dan serat.

Daun Katuk, Selain Untuk Asi Juga Baik Untuk Kesehatan hingga Sperma

Lalu, apa saja manfaat daun katuk untuk kesehatan lainnya? Yuk simak ulasan dibawah ini :

Meningkatkan Kualitas Sperma

Bagi anda yang memiliki pasangan dan berusaha untuk hamil, daun katuk bisa menjadi salah satu solusi alternative. Khusus bagi pria, mengkonsumsi daun katuk secara teratur dipercaya dapat emningkatkan daya seksual serta bisa memningkatkan kualita hingga kuantitas produksi sperma.

Hal tersebut diyakini karena kandungan fitokimia yang ada pada daun katuk.

Memperkuat Tulang dan Gigi

Daun katuk memiliki kandungan kalsium yang dapat emmperkuat tulang dan gigi. Kalsium memiliki peranan penting dalam mempertahankan kesehatan tulang dan gigi. Oleh karena itulah daun katuk dipercaya dapat mencegah terjadinya osteoporosis dan penyakit-penyakit lain yang berhubungan dengan tulang.

Baca Juga : Gizi Sayuran Makin Berkurang Dari Waktu ke Waktu! benarkah? Ini hasil penelitiannya

Mengobati Flu dan Demam

Di beberapa daerah, masyarakat secara tradisional bahkan percaya jika ramuan akar dan daun katuk dapat menurunkan panas hingga menyembuhkan influenza. fFaktana memang benar, di dalam daun katuk mengandung kandungan yang bagus bagi seseorang yang mengalami flu, yaitu efedrin.

Baca Juga  6 Tips Sederhana untuk Mengatasi Depresi

Mengobati Luka

Luka yang dimaksud disini bukan luka hati karena diputusin yah, melainkan mengobati luka fisik pada kulit. Sebuah study mengungkapakan jika ekstak yang ada pada daun katuk dapat menutup luka lebih cepat dan lebih kuat atau rapat.

Baca Juga : Penyakit Jantung Kini Menyerang Usia Muda ! Awas, Ini Yang Perlu Diperhatikan

Nah, itulah beberapa manfaat daun katuk selain untuk asi yang mungkin selama ini anda belum ketahui. Bagaiamana, apakah kamu salah satu orang yang rajin makan syuran hijau, jika iya jangan sampai lupakan daun katuk ya dalam daftar sayuran harian mu.

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.