Gosip Ternyata Memiliki Manfaat Bagi Diri dan Kesehatan

Diposting pada

Membahas mengenai gosip, mungkin perempuan adalah ahlinya. Bagaiamana tidak, hampir tiap hari kegiatan ber gosip ini rutin dijalankan, utamanya bagi ibu-ibu.

Tak mengenal tempat, dimana jika wanita bertemu, sudah hampir pasti bercerita tentang sesorang yang dikenal atau bahkan artis yang sedang hangat dibicarakan.

Gosip merupakan aktifitas membicarakan orang lain tanpa diketahui si target yang dibicarakan alias membicarakan orang dari belakang.

Dewasa ini, ber gosip tidak hanya dilakukan langsung seperti saat arisan, saat betemu dipasar atau saat bertemu dijalan. Kini bergosip sudah bisa dilakukan dengan memanfaatkan smarthphone dengan fitur chat, telepon hingga video call.

Namun, tidak selamanya gosip itu buruk loh, ternyata gosip memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, utamanya pada kesehatan mental.

Berikut manfaat gosip bagi diri dan kesehatan :

Mempererat Keakraban

Tak dapat dipungkiri, saat melakukan gosip dengan teman dapat mempererat keakraban hingga persehabatan. Saat ber gosip, tubuh mengeluarkan hormon yang benama oksitosin. Hormon ini berperan penting dalam memberikan suasana baik bagi hati.

Mengurangi Stress

Tanpa disadari, gosip juga memiliki andil dalam mengurang stress. Karena saat ber gosip, kita dapat mengeluarkan unek-unek atau beban pikiran kita kepada orang lain sehingga perasaan menjadi lebih enak. Selain itu, dengan bergosip juga dapat mengurangi rasa cemas.

Menurut penelitan, orang yang sering ber gosip atau curhat, memiliki resiko lebih kecil untuk pergi ke psikolog atau psikiater dikarenakan mengalami kegelisahan.

Memperbaiki Diri

Tidak semua gosip bersifat negatif, terkadang ada juga gosip yang bersifat positif, seperti saat mendengarkan gosip yang kiranya dapat membangun semangat dengan mendengar sisi poitif orang lain atau pun dengan belajar dari keselahan orang lain yang dibicarakan tersebut.

Baca Juga  Cara Mencegah Flu dengan Bahan Alami, Terbukti Ampuh

Baca Juga : 3 Pekerjaan Yang Memiliki Dampak Mental

Mendorong Berfikir Realistis

Dengan ber gosip, kita dapat meningkatkan kewaspadaan untuk memastikan atau mencari tahu fakta yang sebenarnya. Apalagi jika hal tersebut berkaitan secara langsung dengan kehidupan sendiri.

Memperpanjang Umur

Manfaat lain dari gosip yaitu kita dapat mengeluarkan pikiran negatif yang sering muncul dikepala, yang secara tidak langsung kebiasaan ini bisa memberi manfaat baik untuk tubuh lebih bugar. Kebiasan ini juga dapat membuat kita dengan orang lain dapat lebih akrab, bahagia dan tentunya lebih sehat.

Baca Juga : Mengenal Susah Tidur atau Insomnia Pada Remaja

Nah, itulah beberapa manfaat gosip bagi diri dan kesehatan, terutama bagi kesehatan mental kita. Gosip sih sebenarnya tidak dilarang, asal sebelum berbagi cerita atau menceritakan orang lain, ada baiknya cari tahu dulu kebenarannya agar tidak menjadi fitnah atau pun menyebarnya berita hoax.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.